Minggu, 10 Oktober 2010

RPP MATA PELAJARAN aL- qUR'AN hadis MADRASAH ALIAYAH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Pertemuan Ke : 1 (satu)

1. Standar Kompetensi
Mampu memahami pengertian Al-Qur’an dan wahyu
2.Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an, wahyu dan menyebutkan bukti keaotentikan Al-Qur’an
3. Indikator
• Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis
• Menyebutkan pengertiean wahyu secara terulis.
• Mengidentifikasi nama-nama lain dan Al-Qur’an.
• Membedakan Al-Qur’an dan Hadits nabawi
• Membedakan Al-Qur’an dengan haadits qudsi dan Hadits nabawi
• Menyebutkan keaotentikan Al-Qur’an
4. Tujuan Pembelajarn
Siswa mampu menyebutkan pengertan Al-Qur’an dan Wahyu secara tertulis.
5, Materi pembelajarn
• Pengertian Al-Qur’an me nurut bahasa
• Pengertian wayu menurut bahasa dan istilah
6. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Tanya jawab
7. Langkah- langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Meyampaikan pokok-pokok pebelajaran
2. kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian Al-Qur’an menurut bahaasa dan istila
• Guru menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pengertian Al-Qur’an
• Guru menjelaskan pengertian wahyu menurut bahasa dan istilah
• Guru meyebutkan ayat yang berkaitan dengan wahyu
3. Kegiatan Penutup
• Guru menyimpulkan materi
• Guru membaca doa bersama dan mengucapkan salam sebelum kelar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
 Buku paket PAI Al-Qur’an hadits kls X penerbit PT karya toha putra
 Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
 Mazhab Al-Qur’an Depag









9. Penilaian
 Ulangan Individu
 Tanya jawab

Sinjai, 05 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL



Ardiansah, S.Pd.I K A H A R

Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang


S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Pertemuan ke : 2 (dua)

1. Standar Kompetensi
Mampu memahami pengertian Al-Qur’an dan wah
2.Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an, wahyu dan menyebutkan bukti keaotentikan Al- Qur’an
3. Indikator
• Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis
• Menyebutkan pengertiean wahyu secara terulis.
• Mengidentifikasi nama-nama lain dan Al-Qur’an.
• Membedakan Al-Qur’an dan Hadits nabawi
• Membedakan Al-Qur’an dengan haadits qudsi dan Hadits nabawi
4. Tujuan Pembelajarn
• Siswa mampu mengidentifikasikan nama-nama lain Al-Qur’an.
• Siswa mampu memahami Al-Qur’an .
5. Materi pembelajarn
Pengertian Al-Qur’an menurut pendapat para ahli
6. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Tanya jawab
7. Langkah- langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Mengefaluasi pelajaran minggu lalu
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan proses diturukannya Al-Qur’an
• Menjelaskan hikma diturunkannya Al-Qur’an secara berangsur-angsur
• Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah dijelaskn
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Memberikan tugas kepada siswa.
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas

8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls X penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag









9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab

Sinjai, 12 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL



Ardiansah, S.Pd.I K A H A R

Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang


S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Pertemuan Ke : 3 (tiga)

1. Standar Kompetensi
Mampu memahami pengertian Al-Qur’an dan wah
2. Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an, wahyu dan menyebutkan bukti keaotentikan Al-Qur’an
3. Indikator
• Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis
• Menyebutkan pengertiean wahyu secara terulis.
• Mengidentifikasi nama-nama lain dan Al-Qur’an.
• Membedakan Al-Qur’an dan Hadits nabawi
• Membedakan Al-Qur’an dengan haadits qudsi dan Hadits nabawi
• Menyebutkan keaotentikan Al-Qur’an
4. Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu membedakan antara Al-Qur’an, hadits nabawi dan hadits qudsi.
• Siswa mampu mengidentifikasikan perbedaan Al-Qur’an dan had
5. Materi pembelajarn
 Bukti keaotentikan Al-Qur’an
 QS-Yunus ayat 36-38
 QS-Al- Haqqh ayat 38-52
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
7. Langkah- langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa Mengumpul tugas siswa
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Menjelaskan keaotentikan Al-Quran
• Menjelaskan QS- Yunus 36-38 tentang jaminan kemurnian , keagungan dan hehebatan Al-Qur.an
• Menjelaskan QS-Al haqqah 38-52 tentang bukti-bukti kebenaran Al-Qur’an Menjelaskan QS- Al-An’am 114-117 tentang jaminan kesempurnaan Al-Qur’an
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls X penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag






9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 26 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL




Ardiansah, S.Pd.I K A H A R

Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang



S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XI/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Pertemuan Ke : 1 (Satu)

1. Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
2. Kompetensi Dasar
Kemampuan memahami ajaran Al-Qur’an tentang pelestarian lingkungan
3. Indikator
• Membaca ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan
• Menulis/menyalin ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menerjemahkan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menyimpulkan isi kandungan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan pendayagunaan suber alam.
4. Tujuan pembelajaran
• Siswa mempu membaca ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan
• Siswa mempu Menulis ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
5. Materi pembelajaran
• Menjaga kelestarian lingkungann.
• Pendayagunaan sumber alam QS-Al-furqan 45-50
• Perbuatan merusak alam perbuatan munafik QS-Al-Baqarah 204-206,
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
7. Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Membacakan QS-Al-furqan 45-50 tentang pendayagunaan sumber daya alam
• Menerjemahkan QS-Al-furqan 45-50 tentang pendayagunaan sumber daya alam
• Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan -Al-furqan 45-50 tentang pendayagunaan sumber daya alam
• menjelaskan kandungan QS-Al-furqan 45-50
• memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas




8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XI penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 06 Oktober 2009

Guru Pamong Mahasiswa PPL



Ardiansah, S.Pd.I K A H A R

Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang



S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XI/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hait
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Pertemuan Ke : 2 (Dua)

1. Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
2. Kompetensi Dasar
Kemampuan memahami ajaran Al-Qur’an tentang pelestarian lingkungan
3. Indikator
• Membaca ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan
• Menulis/menyalin ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menerjemahkan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menyimpulkan isi kandungan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan pendayagunaan suber alam.
4. Tujuan pembelajaran
• Siswa mempu Menulis ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Siswa mampu memahami tererjemahkan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
5. Materi pembelajaran
• Perbuatan merusak alam perbuatan munafik QS-Al-Baqarah 204-206
• Larangan membuat kerusakan QS-Al-A’raf 56-58
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab

7. Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Memberi salam dan do’a bersama
 Absensi siswa
 Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
 Membacakan QS-Al-Baqarah 204-206 dan QS-Al-A’raf 56-58 tentang perbuatan merusak alam perbuatan munafik dan larangan membuat kerusakan
 Menerjemahkan QS-Al-Baqarah 204-206 dan QS-Al-A’raf 56-58 tentang perbuatan merusak alam perbuatan munafik dan larangan membuat kerusakan
 Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan QS-Al-Baqarah 204-206 dan QS-Al-A’raf 56-58 tentang perbuatan merusak alam perbuatan munafik dan larangan membuat kerusakan
 Menjelaskan kandungan ayat tersebut.
 memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
 Guru menyipulkan materi
 Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XI penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 13 Oktober 2009

Guru Pamong Mahasiswa PPL



Ardiansah, S.Pd.I K A H A R

Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang


S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XI/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hait
Pertemuan Ke : 3 (Tiga)
1. Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
2. Kompetensi Dasar
Kemampuan memahami ajaran Al-Qur’an tentang pelestarian lingkungan
3. Indikator
• Membaca ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan
• Menulis/menyalin ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menerjemahkan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menyimpulkan isi kandungan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan pendayagunaan suber alam.
4. Tujuan pembelajaran.
• Siswa mampu menyimpulkan isi kandungan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• agar siswa mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan pendayagunaan sumber alam
5. Materi pembelajaran
• Kerusakan alam akibat perbuatan manusia QS-Ar-Rum 41-42
• Hadits tentang perbuatan manusia,
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
7. Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Membacakan QS-Ar-Rum 41-42 tentang larangan membuat kerusakan
• Menerjemahkan QS-Ar-Rum 41-42 tentang larangan membuat kerusakan
• Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan QS-Ar-Rum 41-42 tentang larangan membuat kerusakan
• Menjelaskan kanduugan ayat tersebut.
• Membacakan hadits dan terjemahannya tengtang perbuatan manusia
• Menjelaskan kandungan hadits tersebut.
• memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XI penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag

9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 20 Oktober 2009

Guru Pamong Mahasiswa PPL



Ardiansah, S.Pd.I K A H A R

Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang


S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XII/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hait
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Pertemuan Ke : 1 (Satu)
1 Standar kompeteni
Memahami tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
2.Kompetensi dasar
Menerpkan sikap tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
3. Indikator
• Siswa mampu membaca ayat dan hadits dengan fasih.
• Siswa mampu menrjemahkan ayat dan hadits dengan benar.
• Siswa mampu mencari dan menyalin ayat dan hadits dengan benar.
• Sisw mampu mmenunjukkan perilaku yang mencerminkan tanggun jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
4.Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu memahami kewajiban diri dan keluarga dalam Islam
• Siswa mampu membaca QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Taha ayat 32
5. Materi Pembelajaran
• Kewajiban diri dan keluarga QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Tahaa ayat 32
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
7. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Membacakan QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Taha ayat 32 tentang kewajiban diri dan kelarga
• Menerjemahkan QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Taha ayat 32 tentang kewajiban diri dan kelarga
• Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Taha ayat 32 tentang kewajiban diri dan kelarga
• Menjelaskan kanduugan ayat tersebut.
• Memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber/bahan Pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XII penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag






9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab

Sinjai, 05 Oktober 2009

Guru Pamong Mahasiswa PPL



Ardiansah, S.Pd.I K A H A R

Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang


S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XII/ Ganjil
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hait
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Pertemuan Ke : 2 (Dua)

1. Standar kompeteni
Memahami tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
2. Kompetensi dasar
Menerpkan sikap tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
3. Indikator
• Siswa mampu membaca ayat dan hadits dengan fasih.
• Siswa mampu menrjemahkan ayat dan hadits dengan benar.
• Siswa mampu mencari dan menyalin ayat dan hadits dengan benar.
• Sisw mampu mmenunjukkan perilaku yang mencerminkan tanggun jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
4. Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu memahami tanggung jawab dalam masyarakat
• Siswa mampu mengaplikasikan QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36 tentang tanggung jawab dalam masyarakat..
5. Materi Pembelajaran
• Tanggung jawab dalam masyarakat QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36
6. Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
7. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Memberi salam dan do’a bersama
 Absensi siswa
 Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Membacakan QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36 tentang tanggung jawab dalam masyarakat..
• Menerjemahkan QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36 tentang tanggung jawab dalam masyarakat..
• Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36 tentang tanggung jawab dalam masyarakat..
• Menjelaskan kanduugan ayat tersebut.
• Memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
Guru menyipulkan materi
Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. sumber/bahan Pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XII penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag






9. Penilaian
 Ulangan blok
 Ulangan Individu
 Tanya jawab
s
Sinjai, 12 Oktober 2009

Guru Pamong Mahasiswa PPL




Ardiansah, S.Pd.I K A H A R

Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang




S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar