Minggu, 10 Oktober 2010
RPP MATA PELAJARAN aL- qUR'AN hadis MADRASAH ALIAYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Pertemuan Ke : 1 (satu)
1. Standar Kompetensi
Mampu memahami pengertian Al-Qur’an dan wahyu
2.Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an, wahyu dan menyebutkan bukti keaotentikan Al-Qur’an
3. Indikator
• Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis
• Menyebutkan pengertiean wahyu secara terulis.
• Mengidentifikasi nama-nama lain dan Al-Qur’an.
• Membedakan Al-Qur’an dan Hadits nabawi
• Membedakan Al-Qur’an dengan haadits qudsi dan Hadits nabawi
• Menyebutkan keaotentikan Al-Qur’an
4. Tujuan Pembelajarn
Siswa mampu menyebutkan pengertan Al-Qur’an dan Wahyu secara tertulis.
5, Materi pembelajarn
• Pengertian Al-Qur’an me nurut bahasa
• Pengertian wayu menurut bahasa dan istilah
6. Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
7. Langkah- langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Meyampaikan pokok-pokok pebelajaran
2. kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian Al-Qur’an menurut bahaasa dan istila
• Guru menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pengertian Al-Qur’an
• Guru menjelaskan pengertian wahyu menurut bahasa dan istilah
• Guru meyebutkan ayat yang berkaitan dengan wahyu
3. Kegiatan Penutup
• Guru menyimpulkan materi
• Guru membaca doa bersama dan mengucapkan salam sebelum kelar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
Buku paket PAI Al-Qur’an hadits kls X penerbit PT karya toha putra
Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
Ulangan Individu
Tanya jawab
Sinjai, 05 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Ardiansah, S.Pd.I K A H A R
Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang
S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Pertemuan ke : 2 (dua)
1. Standar Kompetensi
Mampu memahami pengertian Al-Qur’an dan wah
2.Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an, wahyu dan menyebutkan bukti keaotentikan Al- Qur’an
3. Indikator
• Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis
• Menyebutkan pengertiean wahyu secara terulis.
• Mengidentifikasi nama-nama lain dan Al-Qur’an.
• Membedakan Al-Qur’an dan Hadits nabawi
• Membedakan Al-Qur’an dengan haadits qudsi dan Hadits nabawi
4. Tujuan Pembelajarn
• Siswa mampu mengidentifikasikan nama-nama lain Al-Qur’an.
• Siswa mampu memahami Al-Qur’an .
5. Materi pembelajarn
Pengertian Al-Qur’an menurut pendapat para ahli
6. Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
7. Langkah- langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Mengefaluasi pelajaran minggu lalu
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan proses diturukannya Al-Qur’an
• Menjelaskan hikma diturunkannya Al-Qur’an secara berangsur-angsur
• Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah dijelaskn
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Memberikan tugas kepada siswa.
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls X penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 12 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Ardiansah, S.Pd.I K A H A R
Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang
S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Pertemuan Ke : 3 (tiga)
1. Standar Kompetensi
Mampu memahami pengertian Al-Qur’an dan wah
2. Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an, wahyu dan menyebutkan bukti keaotentikan Al-Qur’an
3. Indikator
• Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis
• Menyebutkan pengertiean wahyu secara terulis.
• Mengidentifikasi nama-nama lain dan Al-Qur’an.
• Membedakan Al-Qur’an dan Hadits nabawi
• Membedakan Al-Qur’an dengan haadits qudsi dan Hadits nabawi
• Menyebutkan keaotentikan Al-Qur’an
4. Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu membedakan antara Al-Qur’an, hadits nabawi dan hadits qudsi.
• Siswa mampu mengidentifikasikan perbedaan Al-Qur’an dan had
5. Materi pembelajarn
Bukti keaotentikan Al-Qur’an
QS-Yunus ayat 36-38
QS-Al- Haqqh ayat 38-52
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
7. Langkah- langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa Mengumpul tugas siswa
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Menjelaskan keaotentikan Al-Quran
• Menjelaskan QS- Yunus 36-38 tentang jaminan kemurnian , keagungan dan hehebatan Al-Qur.an
• Menjelaskan QS-Al haqqah 38-52 tentang bukti-bukti kebenaran Al-Qur’an Menjelaskan QS- Al-An’am 114-117 tentang jaminan kesempurnaan Al-Qur’an
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls X penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 26 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Ardiansah, S.Pd.I K A H A R
Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang
S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XI/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Pertemuan Ke : 1 (Satu)
1. Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
2. Kompetensi Dasar
Kemampuan memahami ajaran Al-Qur’an tentang pelestarian lingkungan
3. Indikator
• Membaca ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan
• Menulis/menyalin ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menerjemahkan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menyimpulkan isi kandungan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan pendayagunaan suber alam.
4. Tujuan pembelajaran
• Siswa mempu membaca ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan
• Siswa mempu Menulis ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
5. Materi pembelajaran
• Menjaga kelestarian lingkungann.
• Pendayagunaan sumber alam QS-Al-furqan 45-50
• Perbuatan merusak alam perbuatan munafik QS-Al-Baqarah 204-206,
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
7. Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Membacakan QS-Al-furqan 45-50 tentang pendayagunaan sumber daya alam
• Menerjemahkan QS-Al-furqan 45-50 tentang pendayagunaan sumber daya alam
• Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan -Al-furqan 45-50 tentang pendayagunaan sumber daya alam
• menjelaskan kandungan QS-Al-furqan 45-50
• memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XI penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 06 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Ardiansah, S.Pd.I K A H A R
Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang
S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XI/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hait
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Pertemuan Ke : 2 (Dua)
1. Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
2. Kompetensi Dasar
Kemampuan memahami ajaran Al-Qur’an tentang pelestarian lingkungan
3. Indikator
• Membaca ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan
• Menulis/menyalin ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menerjemahkan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menyimpulkan isi kandungan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan pendayagunaan suber alam.
4. Tujuan pembelajaran
• Siswa mempu Menulis ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Siswa mampu memahami tererjemahkan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
5. Materi pembelajaran
• Perbuatan merusak alam perbuatan munafik QS-Al-Baqarah 204-206
• Larangan membuat kerusakan QS-Al-A’raf 56-58
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
7. Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan Awal
Memberi salam dan do’a bersama
Absensi siswa
Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
Membacakan QS-Al-Baqarah 204-206 dan QS-Al-A’raf 56-58 tentang perbuatan merusak alam perbuatan munafik dan larangan membuat kerusakan
Menerjemahkan QS-Al-Baqarah 204-206 dan QS-Al-A’raf 56-58 tentang perbuatan merusak alam perbuatan munafik dan larangan membuat kerusakan
Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan QS-Al-Baqarah 204-206 dan QS-Al-A’raf 56-58 tentang perbuatan merusak alam perbuatan munafik dan larangan membuat kerusakan
Menjelaskan kandungan ayat tersebut.
memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
Guru menyipulkan materi
Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XI penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 13 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Ardiansah, S.Pd.I K A H A R
Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang
S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XI/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hait
Pertemuan Ke : 3 (Tiga)
1. Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
2. Kompetensi Dasar
Kemampuan memahami ajaran Al-Qur’an tentang pelestarian lingkungan
3. Indikator
• Membaca ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan
• Menulis/menyalin ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menerjemahkan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menyimpulkan isi kandungan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• Menunjukan perilaku yang mencerminkan pendayagunaan suber alam.
4. Tujuan pembelajaran.
• Siswa mampu menyimpulkan isi kandungan ayat Al-Qur’an dan hadits nabi tentang pelestarian lingkungan.
• agar siswa mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan pendayagunaan sumber alam
5. Materi pembelajaran
• Kerusakan alam akibat perbuatan manusia QS-Ar-Rum 41-42
• Hadits tentang perbuatan manusia,
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
7. Langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Membacakan QS-Ar-Rum 41-42 tentang larangan membuat kerusakan
• Menerjemahkan QS-Ar-Rum 41-42 tentang larangan membuat kerusakan
• Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan QS-Ar-Rum 41-42 tentang larangan membuat kerusakan
• Menjelaskan kanduugan ayat tersebut.
• Membacakan hadits dan terjemahannya tengtang perbuatan manusia
• Menjelaskan kandungan hadits tersebut.
• memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber dan bahan pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XI penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 20 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Ardiansah, S.Pd.I K A H A R
Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang
S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XII/ Ganjil
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hait
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Pertemuan Ke : 1 (Satu)
1 Standar kompeteni
Memahami tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
2.Kompetensi dasar
Menerpkan sikap tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
3. Indikator
• Siswa mampu membaca ayat dan hadits dengan fasih.
• Siswa mampu menrjemahkan ayat dan hadits dengan benar.
• Siswa mampu mencari dan menyalin ayat dan hadits dengan benar.
• Sisw mampu mmenunjukkan perilaku yang mencerminkan tanggun jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
4.Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu memahami kewajiban diri dan keluarga dalam Islam
• Siswa mampu membaca QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Taha ayat 32
5. Materi Pembelajaran
• Kewajiban diri dan keluarga QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Tahaa ayat 32
6. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Tanya jawab
7. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Memberi salam dan do’a bersama
• Absensi siswa
• Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Membacakan QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Taha ayat 32 tentang kewajiban diri dan kelarga
• Menerjemahkan QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Taha ayat 32 tentang kewajiban diri dan kelarga
• Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan QS. At-Tahrim ayat 6 dan QS. Taha ayat 32 tentang kewajiban diri dan kelarga
• Menjelaskan kanduugan ayat tersebut.
• Memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
• Guru menyipulkan materi
• Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. Sumber/bahan Pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XII penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
• Ulangan blok
• Ulangan Individu
• Tanya jawab
Sinjai, 05 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Ardiansah, S.Pd.I K A H A R
Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang
S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MA Muhammadiyah T. Lembang
Kls/Semstr : XII/ Ganjil
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hait
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
Pertemuan Ke : 2 (Dua)
1. Standar kompeteni
Memahami tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
2. Kompetensi dasar
Menerpkan sikap tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat.
3. Indikator
• Siswa mampu membaca ayat dan hadits dengan fasih.
• Siswa mampu menrjemahkan ayat dan hadits dengan benar.
• Siswa mampu mencari dan menyalin ayat dan hadits dengan benar.
• Sisw mampu mmenunjukkan perilaku yang mencerminkan tanggun jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat
4. Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu memahami tanggung jawab dalam masyarakat
• Siswa mampu mengaplikasikan QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36 tentang tanggung jawab dalam masyarakat..
5. Materi Pembelajaran
• Tanggung jawab dalam masyarakat QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36
6. Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
7. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
Memberi salam dan do’a bersama
Absensi siswa
Menjelaskan pokok- pokok pembelajaran
2. Kegiitan Inti
• Membacakan QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36 tentang tanggung jawab dalam masyarakat..
• Menerjemahkan QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36 tentang tanggung jawab dalam masyarakat..
• Memberikan kepada salah sorang kepada siswa untuk membacakan QS- Al-An’an:70 dan QS-An Nisa:36 tentang tanggung jawab dalam masyarakat..
• Menjelaskan kanduugan ayat tersebut.
• Memberikan tanya jawab kepda siswa.
3. Kegiatan penutup
Guru menyipulkan materi
Membaca do’a dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas
8. sumber/bahan Pembelajaran
• Buku paket PAI Al-Qur’an hadist kls XII penerbit PT karya toha putra
• Buku paket ULUM AL- QUR’AN penerbit pustaka setia Bandungg
• Mazhab Al-Qur’an Depag
9. Penilaian
Ulangan blok
Ulangan Individu
Tanya jawab
s
Sinjai, 12 Oktober 2009
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Ardiansah, S.Pd.I K A H A R
Mengetahui,
Kepala sekolah
MA Muhammadiyah T. Lembang
S y u k u r , S.Ag
Nip. 150 409 659
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar